Daftar Isi:
  • Pendidik sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pendidikan harus memahami kurikulum. Keterlibatan pendidik dalam rangka keberhasilan pelaksanaan kurikulum sangat penting, sehingga kegagalan guru dalam memahami dan menerjemahkan materi-materi yang dikehendaki oleh kurikulum, akan berimplikasi juga pada kegagalan penerapan kurikulum dan pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa untuk mengetahui suatu lembaga pendidikan dapat memenuhi apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa dilihat dari kurikulum yang disediakan. Hal ini tidak terlepas dari pendidik sebagai pelaksana kurikulum dan dari metode yang digunakan. Latar belakang tersebut mengarahkan penulis untuk mengetahui secara mendalam tentang implementasi kurikulum PAI Terpadu Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kurikulum PAI terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Kabupaten Pati sehingga pada akhirnya dapat diketahui kurikulum apa yang diterapkan di sekolah sebenarnya dan untuk menggambarkan faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat terhadap penerapan kurikulum PAI terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Kabupaten Pati. Penelitian ini meneliti tentang kurikulum PAI terpadu di Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitif, yaitu penelitian yang tujuan utamanya untuk menerangkan kondisi apa adanya. Secara metodologis penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di kancah lapangan terjadinya gejala-gejala atau peristiwa. Penelitian ini merupakan bagian dari jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan keutuhan gejala atau peristiwa dengan memahami makna dari gejala atau peristiwa tersebut. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, intervieu dan dokumentasi, sedangkan analisanya dengan analisis deskriptif-inpertretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Islam Terpadu Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati menerapkan kurikulum PAI terpadu meskipun hasilnya belum sempurna, akan tetapi sekolah tersebut memiliki komitmen dan kemauan yang kuat dan terus berusaha semaksimal mungkin dalam mengimplementasikan kurikulum PAI terpadu tersebut. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kurikulum PAI terpadu di SDIT Abu Bakar Ash Shidiq Kabupaten Pati diantaranya: (1) faktor pendukungnya terletak pada tiga permasalahan pokok, yaitu guru sebagai pelaksana kurikulum, biaya penyelenggaraan pendidikan yang ketiga saran dan prasarana pendukung yang ada. (2) faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum PAI terpadu, khususnya dalam proses belajar mengajar secara garis besar, yaitu kondisi sosial budaya, agama dan ekonomi, baik bagi para pendidik maupun siswa.