Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas prestasi belajar PAI dan Alat Peraga Cergam Teks. Kajiannya dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar mata pelajaran PAI dan metode pembelajaran yang kurang inovatif sehingga perlu digunakan alat peraga cergam teks. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah prestasi belajar PAI materi pokok praktik shalat dengan alat peraga cergam teks pada kelas II SDN 3 Langenharjo Kendal? (2) Bagaimanakah penggunaan alat peraga cergam teks pada pembelajara PAI pada kelas II SDN 3 Langenharjo Kendal? (3) Apakah dengan alat peraga cergam teks dapat meningkatkan prestasi belajar PAI materi pokok praktik shalat pada kelas II SDN 3 Langenharjo Kendal?Permasalahan tersebut dibahas melalui tindakan kelas pada II SDN 3 Langenharjo Kendal. Untuk memperoleh data, penelitian ini dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evaluasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan observasi praktik shalat. Indikator yang diharapkan adalah siswa yang mendapat nilai ≥70 dan ketuntasan belajar mencapai 70% pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar PAI pra siklus nilai rata-rata 6,5. Selanjutnya setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 70,31 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,88. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 69,61 dan pada siklus II meningkat menjadi 74,77% Dengan demikian pada siklus II ketuntasan belajar sudah mencapai target yang diharapkan yaitu 70%. Dari hasil penelitian disarankan bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya seorang guru tidak terfokus pada satu atau dua metode saja, tetapi harus kreatif dengan mengunakan media maupun alat peraga sehingga pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan supaya siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.