Penerapan Metode Demonstrasi melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I pada Mata Pelajaran PAI Materi Wudlu di SDN 1 Ketapang Kendal
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada mata pelajaran PAI materi wudhu dengan menerapkan Metode Demonstrasi Melalui Media Gambar di SDN 1 Ketapang Kendal. Penelitian ini menggunakan Studi Tindakan (Action Reseach) pada peserta didik kelas I SDN 1 Ketapang Kendal. Dari hasil observasi secara langsung di kelas melalui tahap pra siklus, dapat diketahui metode mengajar guru masih didominasi metode ceramah. Tidak menggunakan straregi pembelajaran aktif, sehingga komunikasi yang diciptakan hanya satu arah akibatnya sisiwa menjadi jenuh dan kurang memperhatikan pelajaran. Hasil belajar siswa juga belum bisa maksimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas yaitu kelas I untuk menerapkan Metode Demonstrasi Media Gambar di SDN 1 Ketapang Kendal yang ada 19 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan Metode Demonstrasi Melaui Media Gambar dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif, maka peserta didik menjadi semangat untuk belajar dan peserta didik tidak jenuh. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus keaktifan peserta didik mempunyai prosentase 44% dan rata-rata tes akhir 71,45. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 56% dan rata-rata tes akhir 79,60. Sedangkan Ketuntasan Klasikal 70 pada siklus II menjadi 80,4 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan yaitu keaktifan peserta didik dapat diprosentaasekan menjadi 72% dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 85,92. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan Metode Demonstrasi Media Gambar di SDN 1 Ketapang Kendal dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan strategi Metode Demonstrasi. Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak, peserta didik, guru maupun orang tua. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam suatu pembelajaran.