Nilai shalat berjamaah dalam membina akhlak siswa di SMP Empu Tantular Semarang (perspektif bimbingan dan penyuluhan Islam)

Main Author: Hidayah, Naimatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4938/1/101111088.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4938/
Daftar Isi:
  • Akhlak seseorang pada umumnya terjadi melalui pengalaman sejak kecil. Pembinaan akhlak tidak hanya menjadi tanggung jawab orang tua namun lingkunga sekolah juga wajib memberi pembinaan akhlak yang baik. Pembinaan akhlak menjadi kebutuhan penting bagi remaja, karena mereka sedang dalam masa transisi. Remaja yang sedang berusia 12-16 tahun rata-rata mereka duduk dibangku SMP. Untuk itu, sebagai salah satu upaya dalam pembinaan akhlak siswa, pembiasaan shalat berjamaah perlu diberikan kepada siswa remaja yang berfungsi sebagai bekal siswa memasuki usia dewasa. Karena dalam shalat berjamaah terdapat banyak nilai pendidikan akhlak di dalamnya. SMP Empu Tantular telah lama menjalankan program wajib shalat berjamaah di sekolah bagi siswanya. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana nilai shalat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa di SMP EmpuTantular Semarang? dan bagaimana nilai shalat berjamaah dalam pembinaan akhlak perspektif bimbingan dan penyuluhan Islam?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa shalat berjamaah dapat memberikan sumbangsih dalam pembinaan akhlak yang dapat dikategorikan dalam nilai pribadi dan sosial. Nilai pribadi dari shalat berjamaah ialah dapat meningkatkan kedisiplinan, mengajarkan sifat sabar, dan dapat melatih sikap taat dan patuh. Nilai sosial dari shalat jamaah ialah dapat membangun ukhuwah Islamiyah, dapat menumbuhkan sikap ta’awun (saling tolong menolong), dapat menumbuhkan sikap peduli pada orang lain, dapat mencegah perbuatan keji dan munkar atau tanha ‘anil fahsyak wal munkar.