Pengaruh intensitas dzikir al-Asma' al-Husna terhadap pengamalan agama siswa (studi kasus di SD Isriati Baiturrahman 2 Semarang)

Main Author: Asrori, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4925/1/091111002.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4925/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji secara empiris pengaruh intensitas dzikir al-asma’ Al-Husnaterhadap pengamalan agama siswa di SD Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel pengaruh intensitas dzikir al-Asma’ Al-Husnasebagai variabel independen dan variabel pengamalan agama siswa sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV dan V yang berjumlah 320 siswa;. Subyek penelitian sebanyak 60 responden, pengambilan sampelnya menggunakan teknik Strafiid propotional random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan angket dengan menggunkan skala Likert, data yang diperoleh dari angket yang disebar pada responden, Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan progam SPSS 16.0. Hasil penelitian adalah ada pengaruh antara intensitas mengikuti dzikir al-Asma’ Al-Husnaterhadap pengamalan agama siswa ditunjukan dari hasil koefisien pengaruh F sebesar 63.344 dengan nilai signifikansi (p value) 0,000. F regresi sebesar 63.344 lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 0,05 = 1,6706 dan F tabel 0,01 = 2,3851 dengan nilai signifikan (p value) 0,000. Oleh karena nilai signifikansi F regresi > F tabel, dan nilai signifikan (p value) lebih kecil dari 0,05. dan Nilai R Square sebesar 0,522 menunjukkan besarnya pengaruh intensitas mengikuti dzikir al-Asma’ Al-Husnadalam menjelaskan variabel pengamalan agama sebesar 52,2%. Adapun sisanya sebesar 47,8% dijelaskan oleh prediktor lain dan kesalahan-kesalahan lain (error sampling dan non sampling). Hasil penrlitian ini berarti semakin tinggi intensitas mengikuti dzikir al-Asma’ Al-Husna, maka semakin tinggi pengamalan agama siswa, sebaliknya semakin rendah tingkat pengamalan agama mengikuti dzikir al-Asma’ Al-Husnarendah tingkat pengamalan agama siswa