Team Teaching dalam Metode Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Yayasan Amal Jariyah (YAJRI) Payaman Magelang
Main Author: | Masykur, Habib |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/49/1/HabibMasykur_Tesis_Sinopsis.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/49/ |
Daftar Isi:
- Madrasah Aliyah Yayasan Amal Jariyah (YAJRI) Payaman Magelang, lembaga pendidikan formal yang berada di lingkugan pondok pesantren melakukan beberapa langkah strategis dalam pengembangan kurikulum dan peningkatan proses belajar mengajar. Diantara langkah yang ditempuh adalah penerapan teknik team teaching dalam metode pembelajaran Akidah Akhlak, dikolaborasikan dengan inovasi-inovasi lain. Selain itu, madrasah tersebut juga menggabungkan Kurikulum Kementerian Agama dengan Kurikulum Pesantren. Langkah tersebut diambil sebagai jawaban dari tantangan era globalisasi dan pengaruhnya. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimana pengembangan kurikulum dan inovasi-inovasi di Madrasah Yajri Payaman Magelang, 2) Bagaimana implementasi team teaching dalam metode pembelajaran Akidah Akhlak di MA YAJRI Payaman Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang bersifat memaparkan dan memperkenalkan gambaran umum pengembangan kurikulum dan inovasi-inovasi yang ada dan implementasi team teaching dalam metode pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Yajri, mengklasifikasikan data, menganalisa dan menafsirkannya. Diantara hasil penelitian adalah sebagai berikut; Pengembangan kurikulum dilakukan dengan cara memadukan Kurikulum Kementerian Agama dengan Kurikulum Pesantren. Madrasah Aliyah Yajri juga menerapkan team teaching dalam metode pembelajaran Akidah Akhlak. Dalam pembagian tugas mengajar materi-materi tentang Akidah diasuh oleh Bapak Miftahussohib, S.Pd.I pada semester pertama kelas satu dan dua. Materi-materi tentang Akhlak diasuh oleh Bapak K Asyrofah, S.Pd.I. Penerapan team teaching dikolaborasikan dengan moving class, akselerasi dan penilaian porto folio.