Pengaruh sikap konstruktif peserta didik pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika materi pokok logaritma kelas X IPA MA Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes tahun 2010/2011

Main Author: Labib, Fatkhul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4875/1/63511033.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4875/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya pengaruh positif sikap konstruktif peserta didik (X) pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika (Y); 2) Seberapa besar pengaruh sikap konstruktif peserta didik (X) pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan teknik analisis regresi sederhana. Sampel penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan soal tes untuk menjaring data X dan Y. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas, tingkat kesukaran, daya pembeda. Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskripsif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh sikap konstruktif peserta didik dengan hasil belajar matematika materi pokok logaritma, ditunjukkan oleh koefisien korelasi (r) 0,499 pada taraf signifikan . (2) Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh sikap konstruktif peserta didik pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok logaritma sebesar 24,9% variasi skor pengaruh sikap konstruktif peserta didik terhadap hasil belajar matematika materi pokok logaritma melalui fungsi taksiran Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswanya agar senantiasa meningkatkan dan menerapkan sikap konstruktifnya dalam belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh akan maksimal atau memuaskan.