Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh uswatun hasanah orang tua murid terhadap akhlaq siswa SDN 3 Kedunggading kecamatan Ringinarum kabupaten Kendal. Kajiannya dilatarbelakangi oleh akhlaq siswa yang dipengaruhi oleh persepsinya terhadap uswatun hasanah orang tuanya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimanakah persepsi siswa kelas atas tentang uswatun hasanah orang tua murid di SDN 3 Kedunggading? (2) Bagaimanakah akhlaq siswa SDN 3 Kedunggading? (3) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang uswatun hasanah orang tua murid terhadap akhlaq siswa kelas atas SDN 3 Kedunggading? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilakukan di SDN 3 Kedunggading. Di SD inilah penulis mengambil semua data yang diperlukan melalui angket, dokumentasi, dan wawancara terhadap siswa kelas atas, dan analisis menggunakan teknik korelasional regresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh uswatun hasanah orang tua murid ( X ) terhadap akhlak siswa SDN 3 Kedunggading ( Y ). Kajian ini menunjukkan bahwa : (1) Persepsi siswa tentang uswatun hasanah orang tua murid berpengaruh terhadap akhlaq siswa kelas atas SDN 3 Kedunggading (2) Rata- rata akhlaq siswa SDN 3 Kedunggading tergolong cukup. (3) Ada pengaruh persepsi siswa tentang uswatun hasanah orang tua murid terhadap akhlaq siswa kelas atas SDN 3 kedunggading tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan teknik korelasional. Subyek penelitian sebanyak 60 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X, dan Y serta informasi dokumenter sebagai pelengkap. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus regresi dua prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi uji t dan analisis regresi dua prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan positif antara uswatun hasanah orang tua murid terhadap akhlak siswa, ditunjukkan oleh koefisien korelasi = 0,379 dan koefisien determinasi r2 = 0,144, melalui uji t diperoleh hasil 3,12 sehingga didapatkan pada taraf signifikan tt(0,05) = 2,00 dan taraf signifikan tt (0,01) = 2,660 karena th > tt maka hasilnya signifikan. Hal itu juga dibuktikan dengan persamaan regresinya dengan hasil Freg sebesar 9,747 karena Freg lebih besar dari Ft(0,05) dan Ft(0,01) maka hasilnya menunjukkan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua dan calon orang tua khususnya serta guru dalam memberikan dorongan kepada anak didiknya agar senantiasa berperilaku baik dan menjadi generasi yang berakhlak mulia.