Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Al Qur’an Hadist di SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal, selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, dan mendikte sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, sehingga hasil belajar siswa banyak yang masih kurang dari KKM yang sudah ditentukan yaitu 65. Untuk mengatasi kepasifan peserta didik salah satu bentuk pembelajaran yang bisa dilakukan adalah pembelajaran active learning metode card sort. Sebagai strategi pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa-siswi, active learning metode Card Sort dapat menjadikan lingkungan belajar yang berpusat pada siswa-siswi, peningkatan aktifitas siswa-siswi, dan menekankan interaksi siswa-siswi dengan konsep. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan bagaimana penerapan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi tajwid , apakah penggunaan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort dapat meningkatkan aktifitas serta hasil belajar pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi tajwid pada peserta didik kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal tahun pelajaran 2011/ 2012. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan : 1. Penerapan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi tajwid pada peserta didik kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal tahun pelajaran 2011/ 2012 dilakukan dalam 4 tahap yaitu melalui perencanaan dengan mempersiapkan RPP. Tindakan mulai dari menjelaskan materi, menyortir kartu, diskusi, dan evaluasi. Observasi dilakukan dengan mengamati keaktifan siswa pada saat pembelajaran. Merefleksi pembelajaran untuk ditemukan solusi pada siklus berikutnya, pada siklus pertama presentase keaktifan siswa sebesar 65%, siklus kedua 75% dan siklus ketiga yaitu 84%.2. Ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi tajwid pada peserta didik kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal tahun pelajaran 2011/ 2012 setelah diterapkan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort. Hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa dalam tiap siklusnya. Pada siklus pertama rata-rata hasil belajar siswa yaitu 58,9, siklus kedua rata-rata hasil belajar siswa yaitu 65, dan siklus ketiga rata-rata hasil belajar siswa yaitu 76,2. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima yaitu ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi tajwid pada peserta didik kelas IV SD Al Mardliyah Kaliwungu Selatan Kendal tahun pelajaran 2011/ 2012 setelah menerapkan strategi pembelajaran active learning metode Card Sort.