Efektivitas Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fikih Materi Pokok Zakat Kelas IV MI Sultan Fatah Demak
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam meningkatkan hasil bealajar peserta didik mata pealajarn fikih materi pokok zakat kelas IV MI Sultan Fatah Demak. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain eksperimen yaitu posttest-only control design, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Sultan Fatah Demak. Sampel dalam penelitian in isebagian atau wakil populasi yang diteliti. Sampel yang digunakan adalah kelas 1V A sebagai kelas eksperimen dan kelas 1V B kelas kontrol yang diambil, sebagai penelitian kelas 1VA sebagai kelas penelitian eksperimen, 1V B sebagai kelas kontrol dan kelas V sebagai kelas uji coba. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi mata pelajaran fikih materi pokok zakat untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Selanjutnya pada kelompok tersebut, kelompok eksperimen diberi strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) sedangkan kelompok control dengan pembelajaran konvesional. Setelah pembelajaran selesia, kedua kelompok diberi pos test yang sama. Pos tes tinilah yang digunakan untuk mengetahui apakah startegi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflet, Recite, Review) hasil belajar peserta didik mata pelajaran fikih materi pokok zakat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik dan metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik. Untuk mendapatkan data obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument meliputi pengujian validitas, realibilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rata – rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji perbedaan rata-rata pada hasil belajar dari kedua kelas eksperimen setelah diberi perlakuan yang berbeda, diperoleh = 4,225 dan pada α = 5 % diperoleh 2,00. Oleh karena > , maka Ho ditolakdan Ha diterima . Artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih dari atau tidak sama dengan kelas kontrol dan kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran fikih materipokok zakat kelas IV MI Sultan Fatah Demak.