Upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi aplikasi turunan fungsi melalui strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) studi tindakan kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal

Main Author: Sakiroh, Akidatis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4724/1/63511017.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4724/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berawal dengan adanya permasalahan dikelas XI-A MA NU 06 Cepiring yaitu nilai rata-rata peserta didik pada materi Kalkulus pokok bahasan turunan fungsi yaitu 51 pada tahun pelajaran 2008/2009. Berdasarkan pengamatan diperoleh fakta kurangnya aktifitas peserta didik pada pelajaran matematika, kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru, peserta didik yang tidak memahami tersebut tidak mau bertanya. Diharapkan pembelajaran melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) akan meningkatkan aktifitas dan hasil belajar peserta didik pada materi aplikasi turunan fungsi pada tahun berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan langkah-langkah pembelajaran yang tepat dengan SPPKB dalam mata pelajaran matematika khususnya pada materi aplikasi turunan fungsi pada peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal, (2) mengetahui cara meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal khususnya dalam materi aplikasi turunan fungsi. Penelitian ini dilakukan mengambil subjek penelitian peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring tahun pelajaran 2009/2010 sejumlah 37 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan teknik pengambilan data ada 3 metode yaitu (1) dokumentasi, (2) tes, dan (3) pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui SPPKB sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring. Hal ini didasarkan pada nilai tes pada siklus I rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 65, dan ketuntasan klasikalnya mencapai 70,27%. Pada tes akhir siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik menjadi 76,13 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 86,49%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peserta didik mengambil kesimpulan bahwa Pembelajaran matematika melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) dapat meningkatkan hasil belajar, aktifitas, minat dan motivasi peserta didik kelas XI-A MA NU 06 Cepiring Kendal khususnya pada materi aplikasi turunan fungsi. Diharapkan ada penelitian yang serupa sehingga ada rekomentasi yang meyakinkan tentang efektifitas SPPKB dalam pembelajaran matematika