Parenting sebagai pilar utama pendidikan anak dalam perspektif pendidikan Islam
Main Author: | Muttaqin, Muhammad Ali |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4694/1/113111120.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4694/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan riset perpustakaan (Libraryresearch) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode induksi dan komparasi. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dalam mendidik anak, orang tua merupakan dasar yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan perkembangan anak. Namun pada saat sekarang, banyak orang tua yang tidak menyadari betapa pentingnya peran orang tua dalam pembentukan kepribadian anak-anaknya. Banyak orang tua yang secara penuh mempercayakan pendidikan anaknya kepada lembaga-lembaga sekolah tanpa ada sinergi yang baik antara lembaga pendidikan dan orang tua dalam pendidikan anak. Konsep parenting untuk menyiapkan generasi yang kuat dan memiliki karakter keIslaman yang mantap, maka orang tua dalam mendidik anak tidak hanya saat anak sudah terlahir. Dalam konsep pendidikan Islam terdapat konsep pendidikan pra konsepsi, pre-natal, dan post natal. Dari konsep tersebut mendidik anak dimulai sejak pemilihan calon suami atau isteri hingga anak mampu hidup secara mandiri. Tidak hanya sampai di situ pendidikan kepada anak juga berlaku seumur hidup atau yang dikenal dengan longlife Education.