Nilai-nilai pendidikan profetik dalam QS. Ali Imran 110
Main Author: | Rohidayati, Rohidayati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4689/1/113111094.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4689/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas nilai-nilai pendidikan profetik dalam QS. Ali Imron ayat 110. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya nilai-nilai profetik dalam pendidikan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana kandungan al-Qur’an surat Ali Imron ayat 110 yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan profetik?. Penelitian ini tergolong dalam penelitian jenis kepustakaan (library research), karena penulis menggunakan data dari sumber-sumber pustaka, seperti: buku, jurnal, artikel dan sebagainya yang mempunyai relevansi dengan tema yang diteliti. Adapun teknis analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dan metode tafsir tah}li>li>. Teknik ini dipilih karena penelitian ini bertujuan membedah isi pemikiran dan konsep dari nilai-nilai profetik yang terkandung dalam QS. Ali Imron ayat 110. Temuan dalam penelitian adalah nilai pendidikan profetik dalam Q.S. Ali Imron ayat 110 yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW mengandung tiga nilai, yaitu: (amar ma’ruf) humanisasi berupa penekanan kemandirian dan kasih sayang terhadap sesama manusia, (nahi munkar) liberasi berupa mencegah kemunkaran dengan menanamkan pendidikan tauhid dan (tuminuna billah) transendensi menekankan dimensi spiritual. Nilai-nilai pendidikan ini menekankan pengembangan potensi manusia supaya mampu berperan sebagai khalifah di bumi dan mampu berinteraksi sosial dengan akhlak yang mulia, sehingga mampu mengaktualisasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan.