Nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 SMA kelas X dan XI

Main Author: Aziz, Ridwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4686/1/113111081.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4686/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 SMA Kelas X dan XI. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apa saja cakupan nilai-nilai antikorupsi dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 SMA Kelas X dan XI? 2) Apa kekurangan dan kelebihan buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti SMA Kelas X dan XI dalam menyajikan bahan nilai-nilai pendidikan antikorupsi?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kepustakaan (Library Research). Adapun metode yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif analitis yakni suatu analisis dalam penelitian yang bermaksud untuk membuat deskripsi mengenai kondisi, suatu pikiran atau fakta-fakta, dan setelah data-data tersebut dideskripsikan, untuk mempermudah memecahkan masalah yang telah dirumuskan, peneliti mencoba menganalisis secara kritis dan konstruktif dari pendidikan antikorupsi dalam buku teks pendidikan agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 SMA Kelas X dan XI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat nilai-nilai antikorupsi dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 SMA Kelas X dan XI kelas X dan XI. yaitu untuk kelas X jujur, mandiri, adil, dan kerja keras, yang terdapat dalam bab I dengan materi pokok “Aku Selalu Dekat dengan Allah Swt”, bab III dengan materi pokok “Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian”, dan bab VI dengan materi pokok “Meneladani Perjuangan Rasulullah saw. di Mekah”. Sedangkan untuk kelas XI yaitu, jujur, dan kerja keras yang terdapat pada bab II dengan materi pokok “Hidup Nyaman dengan Perilaku Jujur” dan bab VI dengan materi pokok “Membangun Bangsa Melalui Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja”.