Hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU dengan sikap sosial keagamaan siswa MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara tahun pelajaran 2014/2015

Main Author: Khakim, Lukman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4680/1/113111057.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4680/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Hubungan antara Keaktifan Mengikuti Kegiatan IPNU/IPPNU dengan Sikap Sosial Keagamaan Siswa MTs. Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah tingkat keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU di MTs. Darul Ulum?, (2) Bagaimanakah tingkat sikap sosial keagamaan siswa pengurus IPNU/IPPNU di MTs. Darul Ulum?, dan (3) Adakah hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU dengan sikap sosial keagamaan siswa di MTs. Darul Ulum?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau pada responden. Populasi penelitian sebanyak 40 responden yang terdiri dari 20 pengurus IPNU dan 20 pengurus IPPNU. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi karena jumlah responden kurang dari 100. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU dan tingkat sikap sosial keagamaan siswa serta hubungan antara keduanya, sedangkan untuk pengumpulan data pendukungnya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi Product Moment. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU MTs. Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara pada tahun pelajaran 2014/2015 termasuk dalam kategori cukup aktif dengan rata-rata nilainya 39,375 pada interval 36-42 dan standar deviasi sebesar 6,82. (2) Sikap sosial keagamaan siswa MTs. Darul Ulum Purwogondo termasuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata 62,5 pada interval 59-65 dan standar deviasi sebesar 6,78. (3) Ada hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU dengan sikap sosial keagamaan siswa MTs. Darul Ulum Purwogondo. Hal tersebut berdasarkan data yang telah diperoleh, dimana rxy = 0,423 lebih besar daripada rtabel dengan taraf signifikansi 5 % yaitu = 0,312 atau dengan taraf signifikasi 1% yaitu = 0,402, sehingga ro > rtabel, maka hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel X (keaktifan mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU) dengan variabel Y (sikap sosial keagamaan siswa MTs. Darul Ulum Purwogondo). Hal ini berarti bahwa sikap sosial keagamaan siswa ada hubungannya dengan keaktifan mereka dalam mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU. Sehingga siswa yang aktif mengikuti kegiatan IPNU/IPPNU diyakini dapat menumbuhkan sikap sosial keagamaan bagi siswa tersebut.