Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Hadis Akikah
Main Author: | Azizah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4675/1/113111017.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4675/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi masyarakat yang menyimpang dikalangan remaja. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak pada waktu kecil. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa yang dimaksud nilai-nilai pendidikan Islam? (2) Bagaimana deskripsi hadis-hadis akikah? (3) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam hadis akikah dan bagaimana aktualisasinya? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: nilai-nilai pendidikan Islam, deskripsi hadis akikah, dan nilai-nilai pendidikan Islam dalam hadis akikah beserta aktualisasinya. Permasalahan dibahas dengan menggunakan metode kepustakaan (library research), metode pengumpulan datanya yakni dengan teknik dokumentasi. Data diperoleh dari kitab-kitab hadis beserta syarah nya, kitab-kitab fikih dan buku-buku pendidikan maupun pendidikan Islam. Kemudian dianalisis menggunakan tehnik deskriptif analitik. Penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran yang besar dalam memberikan pendidikan kepada anak terutama orang tua. Orang tua harus memperhatikan pendidikan anak sejak anak lahir dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam yang relevan dengan pendidikan anak. Diantara pendidikan yang bisa diberikan orang tua kepada anak yang baru lahir yakni mengakikahinya. Akikah mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang berguna untuk membekali anak agar berakhlakul karimah sesuai harapan orang tua. Diantara nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam akikah yaitu pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan kesehatan, pendidikan sosial, pendidikan ekonomi, pendidikan psikologi, dan pendidikan keindahan. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi sumbangan pemikiran untuk pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, khususnya tentang penerapan nilai-nilai pendidikan Islam untuk anak.