Manajemen pembelajaran baca tulis al-Qur’an kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Bangsa Mijen Semarang
Main Author: | Asrori, Mukhamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4672/1/103311025.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4672/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Islam Terpadu (SDIT) Cahaya bangsa Mijen Semarang 2) Pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Islam Terpadu (SDIT) Cahaya bangsa Mijen Semarang 3) Evaluasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Islam Terpadu (SDIT) Cahaya bangsa Mijen Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik analisis data yaitu memberikan predikat kepada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi sebenarnya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk meningkatkan pemahaman hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Bangsa Mijen Semarang menggunakan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah di susun guru pelaksana pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an untuk mencapai suatu tujuan yang telah di rencanakan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Bangsa Mijen 2). Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an yaitu dilaksanakan per kelas, dan setiap kelas di isi guru pelajaran Al-Qur’an dan guru pendamping. Setiap Guru pelajaran Al-Qur’an harus mengikuti pelatihan. Metode yang di gunakan dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu ada dua metode yaitu metode A BA TA TSA dan metode DRILL. Dalam meningkatkan metode yang di gunakan guru menggunakan beberapa pendekatan yaitu pendekatan motivasi dan murojaah. 3). Evaluasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Bangsa Mijen Semarang, menggunakan tes lisan dan tertulis.. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi untuk mengelola pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Islam Terpadu (SDIT) Cahaya Bangsa Mijen Semarang. terutama pihak sekolah untuk selalu bekerja lebih giat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, untuk merencanakan kegiatan dengan baik dan terprogram sehingga melahirkan peserta didik yang berkualitas. Kepada segenap pengajar agar melaksanakan pembelajaran yang sempurna sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan mudah dan selalu memberikan motivasi terhadap peserta didik agar semakin tahu arti pentingnya mempelajari al-Qur’an.