Peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran fikih materi hewan halal dan haram melalui model pembelajaran picture to picture (PTP) kelas VIII MTs NU 01 Tarub Tegal

Main Author: Farih, Muhammad Azhar
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4665/1/103111062.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4665/
ctrlnum 4665
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4665/</relation><title>Peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran fikih materi hewan halal dan haram melalui model pembelajaran picture to picture (PTP) kelas VIII MTs NU 01 Tarub Tegal</title><creator>Farih, Muhammad Azhar</creator><subject>297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions</subject><subject>297.39 Other Practices (Incl. Halal Food, Syirik, Munafiq)</subject><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran picture to picture pada pelajaran Fikih materi hewan halal dan haram dapat meningkatkan minat belajar peserta didik MTs NU 01 Tarub, 2) meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Fikih dengan menggunakan model picture to picture.&#xD; Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Setelah semua data terkumpul maka peneliti berusaha menjelaskan suatu obyek permasalahan secara sistematis serta memberikan analisa secara cermat dalam bentuk uraian deskriptif.&#xD; Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pada tahap observasi awal, hasil pengamatan terhadap peserta didik hanya 40% dari 40 siswa di kelas VIII A MTs NU 01 Tarub yang mempunyai minat baik pada pelajaran Fikih, dan ini masih berada dibawah rata-rata, pada tahap siklus I sudah menunjukkan peningkatan dari hasil observasinya mencapai 72, 2 % Dan pada tahap siklus II ini sudah banyak yang menunjukkan adanya peningkatan dari minat peserta didik yakni hasil angket peserta didik sudah menunjukkan nilai positif, sedangkan hasil observasinya sudah mencapai 86,1% dan ini sudah bisa dikatakan berhasil karena sudah melebihi dari indikator ketercapaian yang sudah ditentukan yakni mencapai 75 %. TRANSLITERASI ARAB-LATIN Penulisan transliterasi huruf-huruf Arab Latin dalam disertasi ini berpedoman pada SKB Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor: 158/1987 dan Nomor: 0543b/U/1987. Penyimpangan penulisan kata sandang (al-) disengaja secara konsisten supaya sesuai teks Arabnya</description><date>2015-07-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4665/1/103111062.pdf</identifier><identifier> Farih, Muhammad Azhar (2015) Peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran fikih materi hewan halal dan haram melalui model pembelajaran picture to picture (PTP) kelas VIII MTs NU 01 Tarub Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Pendidikan Agama Islam. </identifier><recordID>4665</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Farih, Muhammad Azhar
title Peningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran fikih materi hewan halal dan haram melalui model pembelajaran picture to picture (PTP) kelas VIII MTs NU 01 Tarub Tegal
publishDate 2015
topic 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
297.39 Other Practices (Incl. Halal Food
Syirik
Munafiq)
371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4665/1/103111062.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4665/
contents Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran picture to picture pada pelajaran Fikih materi hewan halal dan haram dapat meningkatkan minat belajar peserta didik MTs NU 01 Tarub, 2) meningkatkan minat peserta didik dalam pembelajaran Fikih dengan menggunakan model picture to picture. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Setelah semua data terkumpul maka peneliti berusaha menjelaskan suatu obyek permasalahan secara sistematis serta memberikan analisa secara cermat dalam bentuk uraian deskriptif. Dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa pada tahap observasi awal, hasil pengamatan terhadap peserta didik hanya 40% dari 40 siswa di kelas VIII A MTs NU 01 Tarub yang mempunyai minat baik pada pelajaran Fikih, dan ini masih berada dibawah rata-rata, pada tahap siklus I sudah menunjukkan peningkatan dari hasil observasinya mencapai 72, 2 % Dan pada tahap siklus II ini sudah banyak yang menunjukkan adanya peningkatan dari minat peserta didik yakni hasil angket peserta didik sudah menunjukkan nilai positif, sedangkan hasil observasinya sudah mencapai 86,1% dan ini sudah bisa dikatakan berhasil karena sudah melebihi dari indikator ketercapaian yang sudah ditentukan yakni mencapai 75 %. TRANSLITERASI ARAB-LATIN Penulisan transliterasi huruf-huruf Arab Latin dalam disertasi ini berpedoman pada SKB Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor: 158/1987 dan Nomor: 0543b/U/1987. Penyimpangan penulisan kata sandang (al-) disengaja secara konsisten supaya sesuai teks Arabnya
id IOS2754.4665
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:26Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:52Z
recordtype dc
_version_ 1765821494824271872
score 17.538404