Studi korelasi penerapan adab membaca Al-Qur’an dengan akhlak siswa di kelas XI SMA Negeri 01 Weleri Kendal tahun ajaran 2014/2015

Main Author: Limustofa, Hudal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4662/1/103111038.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4662/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas Studi Korelasi Penerapan Adab Membaca Al-Qur’an dengan Akhlak Siswa di Kelas XI SMA Negeri 01 Weleri Kendal Tahun Ajaran 2014/2015. Kajiannya dilatar belakangi oleh diterapkannya jadwal untuk membaca Al-Qur’an sesuai dengan adab atau tata cara yang telah diajarkan Bapak/Ibu guru di Sekolah. Selain itu, Bapak/Ibu guru juga melatih siswa/siswinya untuk selalu membiasakan membaca Al-Qur’an setiap harinya, dengan tujuan agar tertanam dalam diri setiap siswa/siswi untuk senantiasa mengamalkan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an yaitu membentuk akhlakul karimah. Dan dengan harapan agar siswa/siswi setelah membaca Al-Qur’an akan berdampak kepada tumbuhnya jiwa akhlak atau budi pekerti yang baik sehingga siswa/siswi bisa menerapkan dan mengamalkan ilmu yang didapatnya di dalam kehidupannya sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Adab Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Weleri Kendal. 2) Untuk mengetahui akhlak siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Weleri Kendal. 3) Untuk mengetahui apakah ada korelasi antara Penerapan Adab Membaca Al-Qur’an dengan Akhlak Siswa di Kelas XI SMA Negeri 01 Weleri Kendal Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan teknik analisis correlation research (penelitian korelasi). Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel acak atau random sample dengan subyek penelitian sebanyak 39 responden dari jumlah 257 siswa/siswi. Pengumpulan data menggunakan metode: 1) Dokumentasi untuk memperoleh data tentang tata tertib atau peraturan di SMA Negeri 01 Weleri Kendal dan data-data lain yang bersifat dokumenter. 2) Angket untuk mencari data tentang penerapan adab membaca Al-Qur’an dan akhlak siswa kelas XI SMAN 01 Weleri Kendal. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Adab Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Weleri Kendal berdasarkan hasil rata-rata jawaban angket siswa ditemukan persentase sebesar 51,28 %, setelah dikonsultasikan dengan tabel kategori masuk dalam interval 47-59, yang berarti berkategori baik. 2) Akhlak Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Weleri Kendal berdasarkan hasil rata-rata jawaban angket siswa ditemukan persentase sebesar 87,17 %, setelah dikonsultasikan dengan tabel kategori masuk dalam interval 60-80, yang berarti berkategori sangat baik. 3) Terdapat korelasi yang positif antara penerapan adab membaca Al-Qur’an dengan akhlak siswa kelas XI SMAN 01 Weleri Kendal. Hal ini dapat dilihat pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 39 siswa diperoleh rt = 0,316 sedang ro = 0,566 sehingga dengan demikian ro lebih besar dari rt. Pada taraf signifikansi 1% dengan jumlah responden 39 siswa, diperoleh rt = 0,408 sedang ro = 0,566 sehingga dengan demikian ro lebih besar dari pada rt. Setelah diinterpretasikan antara ro dan rt pada taraf signifikansi 5% dan 1% ro lebih besar dari pada rt hasilnya adalah signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara penerapan adab membaca Al-Qur’an dengan akhlak siswa kelas XI SMAN 01 Weleri Kendal Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi antara penerapan adab membaca Al-Qur’an dengan akhlak siswa. Bahwa siswa/siswi yang sungguh-sungguh dan konsisten dalam membaca Al-Qur’an sesuai dengan Adab-adab atau tata cara yang diajarkan oleh Bapak/Ibu Guru di Sekolah, akan menumbuhkan sikap atau sifat yang selalu menaati tata tertib di sekolah serta selalu ramah dan sopan baik kepada guru atau teman-temannya. Sehingga Akhlak kepada Allah, kepada lingkungan, kepada diri sendiri maupun orang lain bisa diterapkan dan di amalkan dengan baik oleh siswa/siswi di SMAN 01 Weleri Kendal.