Nilai kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di MI Miftahul Ulum Pancur-1 Mayong Jepara
Main Author: | Asy'ari, Hasan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4661/1/103111036.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4661/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya perhatian masyarakat dalam menerapkan nilai disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Membangun kesadaran hidup disiplin merupakan kewajiban bagi semua pihak. Karena disiplin adalah salah satu modal untuk menggapai kesuksesan. Skripsi ini membahas tentang nilai kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Miftahul Ulum Pancur-1 Mayong Jepara. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, yakni apa saja bentuk nilai kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Miftahul Ulum Pancur-1 Mayong Jepara yang meliputi kondisi, nilai-nilai kedisiplinan serta proses pendidikan kedisiplinannya. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Miftahul Ulum Pancur-1 Mayong Jepara. Lembaga sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran nilai kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Datanya diperoleh dengan cara observasi, wawancara tak terstruktur, studi dokumentasi dan triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian tentang nilai kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Miftahul Ulum Pancur-1 Mayong Jepara menunjukkan bahwa; (1) kondisi ekstrakurikuler pramuka di MI Miftahul Ulum Pancur-1 Mayong Jepara berjalan cukup bagus. Hal ini dapat terlihat proses perencanaannya yang tersusun secara terstruktur, mulai dari jadwal pelaksanaan, silabus, program harian, mingguan dan bulanan. Sementara itu banyak prestasi yang telah diraih dalam berbagai perlombaan. (2) ada empat macam kedisiplinan yang telah diterapkan di MI Miftahul Ulum Pancur-1 Mayong Jepara, yakni disiplin waktu, disiplin ibadah, disiplin dalam mematuhi aturan dan disiplin sikap. (3) pendidikan kedisiplinan yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler di MI Miftahul Ulum Pancur-1 Mayong Jepara masih menerapkan disiplin yang berangkat dari keterpaksaan. Hal ini disebabkan karena adanya peraturan pemerintah yang mewajibkan kegiatan kepramukaan dalam menunjang kurikulum 2013. Selain itu, anak belum mampu mengontrol diri baik dalam mengucapkan maupun dalam bersikap. Hal ini dikarenakan pada usia mereka pengendalian emosinya masih sangat labil, kadang naik kadang turun, bahkan ketika dipaksa anak akan melakukan pemberontakan. Oleh karena itu dalam penerapan disiplin di MI Miftahul Ulum Pancur-1 masih dirasa belum maksimal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut kiranya perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pihak sekolah, stakeholder, dan secara khusus bagi Pembina pramuka untuk senantiasa memberikan arahan, bimbingan serta motivasi kepada siswa sehingga mampu terwujudnya pribadi yang mempunyai sikap dan kepribadian yang baik.