Implikasi pelaksanaan supervisi guru dalam peningkatan profesionalisme guru (studi analisis di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA)

Main Author: Widodo, Moh Asep
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4658/1/093111070.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4658/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pelaksanaan supervisi guru dalam peningkatan profesionalisme guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tingkat Satuan MA. Objek dalam penelitian adalah guru MA di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan supervisi guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA ? (2) Bagaimana profesionalisme guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA ? (3) Bagaimana implikasi pelaksanaan supervisi guru dalam peningkatan profesionalisme guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Dalam menganalisis data dan menginterpretasikan serta mengolah data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. analisis data dilakukan sejak awal dan selama proses penelitian berlangsung, dengan metode pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan supervisi guru di Kecamatan Lasem Tingkat Satuan MA meliputi tiga tahap yaitu; tahap persiapan yang meliputi penyusunan program dan penyiapan instrumen, tahap pelaksanaan yang terdiri dari pelaksanaan secara langsung dan tidak langsung, dan yang terakhir tahap pelaporan meliputi lima bab, yaitu bab I pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah, fokus masalah, tujuan dan sasaran, dan ruang lingkup kepengawasan. Bab II berisi kerangka berfikir dan pemecahan masalah. Bab III berisi pendekatan dan metode. Bab IV berisi hasil pengawasan dan bab V berisi penutup yang terdiri dari kesimpulan dan rekomendasi. Pelaksanaan supervisi guru di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang tingkat satuan MA belum memberikan implikasi yang sangat signifikan bagi peningkatan profesionalisme guru di sana. Hal ini disebabkan oleh faktor peran kepemimpinan supervisor baik itu dari Kemenag maupun pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah yang kurang kreatif dalam membuat program-program supervisi yang efisien dan inovatif.