Hubungan motivasi masuk pesantren dengan adab belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Ishlah Mangkang Kulon Tugu Semarang
Main Author: | Yuhriyah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4633/1/3105415.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4633/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi masuk pesantren dengan adab belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Ishlah Mangkang Kulon Tugu Semarang. Penulis mengambil sampel 20% dari jumlah populasi 180, yaitu sebanyak 36 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis penelitian memakai analisis korelasi product moment yang menunjukkan bahwa: Motivasi santri masuk pesantren masuk dalam kategori cukup, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 54,5 berada pada interval 51-56; Adab belajar santri berada dalam kategori cukup, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 63,36 berada pada interval 59-65; Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi masuk pesantren dengan adab belajar santri di Pondok Pesantren Putri Al-Ishlah. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi ro = 0,483, pada taraf signifikansi 0,01(1%) adalah 0,424 dan pada taraf signifikansi 0,05 (5%) adalah 0,329, ro lebih besar dari pada rt dapat dikategorikan signifikan. Artinya, jika motivasi masuk pesantren tinggi, maka adab belajar santri tinggi (baik), sebaliknya jika motivasi masuk pesantren rendah, maka adab belajar santri juga rendah (jelek). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi civitas akademik, para ustadz-ustadzah khususnya di Pondok Pesantren Putri Al-Ishlah, para santri dan semua pihak.