Etika guru terhadap murid dalam perspektif psikologi pembelajaran (studi analisis kitab Adabul Alim wa al Muta’allim karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari Jombang)

Main Author: Imron, Moh. Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4632/1/3105412.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4632/
ctrlnum 4632
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4632/</relation><title>Etika guru terhadap murid dalam perspektif psikologi pembelajaran (studi analisis kitab Adabul Alim wa al Muta&#x2019;allim karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy&#x2019;ari Jombang)</title><creator>Imron, Moh. Ali</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai (1) Konsep etika guru terhadap murid dalam kitab Adabul &#x2018;Alim Wa Al Muta&#x2019;alim. (2) Konsep etika guru terhadap murid dalam Kitab Adabul &#x2018;Alim Wa Al Muta&#x2019;alim ditinjau dari Perspektif Psikologi Pembelajaran dan kontribusinya dalam pendidikan modern.&#xD; &#xD; Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Interpretasi dan Content Analysis. Penerapan metode Interprestasi yaitu menganalisis kitab Adabul &#x2018;Alim Wa Al Muta&#x2019;alim untuk mengungkapkan makna yang terkandung. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran K.H. Hasyim Asy&#x2019;ari. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir K.H Hasyim Asy&#x2019;ari yang tertuang pada Adabul&#x2019;alim Wa Al Muta&#x2019;alim tentang etika guru terhadap murid.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab Adabul &#x2018;Alim Wa Al Muta&#x2019;alim mengkhususkan penyajian tentang etika guru dan murid pada pembelajaran. Urainnya terfokus pada sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika memberikan pelajaran baik yang berhubungan dengan muridnya maupun dengan kitabnya. Adapun konsep etika guru pada kitab Adabul &#x2019;Alim Wa Al Muta&#x2019;alim antara lain : (1) etika bagi alim (guru) selalu mendekatkan diri kepada Allah, takut (khouf) kepada murka Allah, sakinah, wara&#x2019;, tawadhu&#x2019; khusyu, senantiasa berpedoman pada hukum Allah (2) Etika ketika mengajar, selalu mendatangi majlis kelas, mengucapkan salam kepada seluruh hadirin, menghadapi murid dengan penuh perhatian, sebelum memulai pengajaran hendaknya membaca beberapa ayat Al-Qur&#x2019;an, mengatur volume suara, (3) Etika guru terhadap murid, memberikan pengajaran, membangun niat yang ihklas, mencintai para siswanya, mendidik dan memberikan pengajaran.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan</description><date>2009-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4632/1/3105412.pdf</identifier><identifier> Imron, Moh. Ali (2009) Etika guru terhadap murid dalam perspektif psikologi pembelajaran (studi analisis kitab Adabul Alim wa al Muta&#x2019;allim karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy&#x2019;ari Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN walisongo. </identifier><recordID>4632</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Imron, Moh. Ali
title Etika guru terhadap murid dalam perspektif psikologi pembelajaran (studi analisis kitab Adabul Alim wa al Muta’allim karya Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari Jombang)
publishDate 2009
topic 297.77 Islamic religious education
371.1 Guru
tenaga pendidikan
(dosen kelaskan di 378.1)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4632/1/3105412.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4632/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai (1) Konsep etika guru terhadap murid dalam kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim. (2) Konsep etika guru terhadap murid dalam Kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim ditinjau dari Perspektif Psikologi Pembelajaran dan kontribusinya dalam pendidikan modern. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Interpretasi dan Content Analysis. Penerapan metode Interprestasi yaitu menganalisis kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim untuk mengungkapkan makna yang terkandung. Kemudian metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir K.H Hasyim Asy’ari yang tertuang pada Adabul’alim Wa Al Muta’alim tentang etika guru terhadap murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kitab Adabul ‘Alim Wa Al Muta’alim mengkhususkan penyajian tentang etika guru dan murid pada pembelajaran. Urainnya terfokus pada sikap-sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru ketika memberikan pelajaran baik yang berhubungan dengan muridnya maupun dengan kitabnya. Adapun konsep etika guru pada kitab Adabul ’Alim Wa Al Muta’alim antara lain : (1) etika bagi alim (guru) selalu mendekatkan diri kepada Allah, takut (khouf) kepada murka Allah, sakinah, wara’, tawadhu’ khusyu, senantiasa berpedoman pada hukum Allah (2) Etika ketika mengajar, selalu mendatangi majlis kelas, mengucapkan salam kepada seluruh hadirin, menghadapi murid dengan penuh perhatian, sebelum memulai pengajaran hendaknya membaca beberapa ayat Al-Qur’an, mengatur volume suara, (3) Etika guru terhadap murid, memberikan pengajaran, membangun niat yang ihklas, mencintai para siswanya, mendidik dan memberikan pengajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan
id IOS2754.4632
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:26Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:52Z
recordtype dc
_version_ 1765821494749822976
score 17.538404