Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penelitian adakah hubungan positif antara persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru akidah akhlak dengan hasil belajar akidah akhlak pada kelas V MI NU Magelung Kaliwungu Selatan. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Product Moment. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas V MI NU Magelung Kaliwungu Selatan, dengan keseluruhan berjumlah 44 peserta didik, yang terdiri dari 25 peserta didik perempuan dan 19 peserta didik laki-laki. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner atau angket dan teknik dokumentasi. Teknik angket digunakan untuk mengetahui persepsi peserta didik kelas V tentang keterampilan mengajar guru Akidah Akhlak di MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Kendal. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar akidah akhlak peserta didik. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik Product Moment. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil rata-rata diperoleh data mengenai persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru memiliki rata-rata ( ) = 82,386, dan simpangan baku ( ) = 8,543. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru termasuk ke dalam kategori kurang, yaitu terletak di antara interval 78-83. Sedangkan Hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik memiliki rata-rata ( ) = 67,045, dan simpangan baku ( ) = 4,978. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik termasuk ke dalam kategori kurang, yaitu terletak di antara interval 65-67. Setelah diketahui hasil penghitungan di atas, kemudian untuk mengetahui seberapa kuat hubungan variabel X (Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Mengajar Guru Akidah Akhlak) terhadap variabel Y (Hasil Belajar Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V), dihitung dengan rumus korelasi Product Moment, yang dilanjutkan dengan menghitung koefisien determinasi (KP). Dari penghitungan diperoleh rhitung = 0,429. Kemudian nilai rhitung tersebut di konsultasikan terhadap nilai rtabel 5% = 0,297 dan nilai rtabel 1% = 0,384. Berdasarkan hal tersebut, dapat dijelaskan bahwa rhitung rtabel baik pada taraf 1% maupun 5% yang besarnya 0,429 > 0,384 > 0,297. Selanjutnya, untuk menguji signifikansi antara variabel X dan variabel Y, maka dilakukan penghitungan dengan uji t. Setelah dilakukan penghitungan terhadap uji t, diperoleh thitung = 3,077. Kemudian, nilai thitung tersebut di konsultasikan terhadap nilai ttabel 5% = 1,684 dan nilai ttabel 1% = 2,423. Berdasarkan hal tersebut, dapat dijelaskan bahwa thitung ttabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5% yang besarnya 3,077 > 2,423 > 1,684. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas V MI NU Magelung Kaliwungu Selatan adalah diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi orang tua peserta didik dan para pengajar untuk senantiasa memberikan motivasi kepada peserta didik atau anaknya agar selalu meningkatkan kemampuan dalam hasil belajarnya. Begitupun dengan tenaga pengajarnya untuk senantiasa meningkatkan keterampilan mengajarnya agar tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.