Penerapan metode resitasi dan media audio visual dalam meningkatkan penguasaan hafalan surat-surat pendek mapel Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas III MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu Kendal
Main Author: | Laili, Mufarikhah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4617/1/113911193.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4617/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kurang maksimal tetutama dalam penguasaan hafalan surat-surat pendek pada mapel al-qur’an hadist. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode resitasi dan media audio visual pada materi surat-surat pendek mapel al-qur’an hadist dapat meningkatkan hasil belajar penguasaan hafalan peserta didik kelas III MI NU 43 Wonorejo Kaliwugu Kendal. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI NU 43 Wonorejo Kaliwugu Kendal yang berjumlah 25 orang. Obyek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajarn hafalan dengan menggunakan resitasi. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik setelah diterapkannya metode resitasi dan media audio visual pada materi surat-surat pendek. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada tabel observasi yaitu pra tindakan sebesar 61,84 %, pada siklus I meningkat menjadi 71,88 % dan siklus II meningkat menjadi 87,08 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa metode resitasi dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar penguasaan hafalan pada materi surat-surat pendek mapel Al-Qur’an Hadist pada peserta didik kelas III MI NU 43 Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.