Studi korelasi antara pendidikan keagamaan keluarga dengan kemandirian belajar siswa MI Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati tahun 2014/2015
Main Author: | Wardiyoso, Wardiyoso |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4610/1/113911152.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4610/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini meneliti tentang pendidikan keagamaan dalam keluarga yang dialami oleh siswa di sekolah mulai dari tahapan kognitif, afektif dan psikomotorik yang telah diinternalisasikan dalam diri siswa. Adapun masalah yang dibahas adalah seberapa besar hubungan antara pendidikan keagamaan dalam keluarga terhadap kemandirian belajar siswa, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa koefisien korelasi antara pendidikan keagamaan dalam keluarga dengan kemandirian belajar siswa MI Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati tahun 2014/2015 sebesar 0,517 adalah signifikan, koefisien tersebut dapat digeneralisasikan pada populasi di mana sampel 46 orang. Untuk kesalahan 5% perhitungan bahwa t hitung jatuh pada daerah penerimaan Ho (angka 3,360 di atas t tabel = 4,005). Hal ini berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara materi pendidikan keagamaan keluarga dengan kemandirian belajar siswa MI Mamba’ul Hidayah Pondowan Tayu Pati Tahun 2014/2015.