Analisis kelayakan isi buku teks siswa kelas IV SD/MI tema peduli terhadap makhluk hidup kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Main Author: | Nisa, Qismaeni Maula |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4603/1/113911082.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4603/ |
Daftar Isi:
- Tujuan analisis kelayakan isi buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa berdasarkan KI dan KD. Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks selain itu buku teks sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013. Sebagai edisi pertama buku tersebut sangat perlu dievaluasi supaya menghasilkan buku yang lebih sesuai. Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penulisan yang digunakan adalah penulisan analisis dokumen (documentary analysis) atau analisis isi (content analysis). Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup dan kesesuaiannya dengan K-13. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas IV SD/MI. Dalam penulisan ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi spiritual, dimensi sosial, dimensi pengetahuan, dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh BSNP. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase dari setiap aspek. Hasil analisis pada buku teks siswa kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan pada dimensi spiritual adalah sebesar 45,83% atau pada kategori kurang layak. (2) Kelayakan pada dimensi sosial adalah sebesar 100% atau pada kategori sangat layak. (3) Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 87,50% atau pada kategori sangat layak. (4) Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 83,33% atau pada kategori sangat layak.