Efektifitas model pembelajaran ASSURE dengan pendekatan scientific dalam meningkatkan hasil belajar materi pokok pengukuran kelas 3 semester gasal di MI Asas Islam Kalibening Salatiga tahun ajaran 2014

Main Author: Rachmawati, Fadhilah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4599/1/113911055.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4599/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang efektifitas model pembelajaran ASSURE dengan pendekatan Scientific pada materi pokok pengukuran kelas 3. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran ASSURE dengan pendekatan Scientific pada materi pengukuran kelas 3 semester gasal?, (2) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran ASSURE dan pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran kelas 3 semester gasal? Skripsi ini memiliki tujuan, diantaranya: (1) Agar pelaksanaan pembelajaran matematika lebih efektif dan efisien, sehingga siswa akan senang dalam proses pembelajaran, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berbentuk eksperimen yang menggunakan desain eksperimen sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di MI Asas Islam Kalibening Salatiga. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Asas Islam Kalibening Salatiga, terdiri dari dua kelas yaitu kelas 3 A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3 B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang akan menjawab 3 permasalahan yang diangkat oleh peneliti, yaitu: (1) Dalam pelaksanaan kegiatan belajar menggunakan model ASSURE dan pendekatan Scientific pada materi pengukuran kelas 3 semester gasal, siswa dapat aktif mengikuti kegiatan yang disediakan oleh peneliti, siswa merasa nyaman dan senang belajar matematika. (2) Hasil belajar siswa belum mencapai tujuan pembelajaran. (3) Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan rata – rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 1,485 dan ttabel = 2,01. Karena thitung < ttabel berarti Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan kata lain, tidak terdapat peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas 3 MI Asas Islam Kalibening Salatiga setelah menggunakan model pembelajaran ASSURE dengan pendekatan Scientific, karena rata-rata nilai post test kelas eksperimen 66,261 dan kelas kontrol 57,538 hampir sama, hal ini juga disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ASSURE dengan pendekatan Scientific dapat menciptakan suasana belajar yang efektif, tetapi belum dapat meningkatkan hasil belajar materi pokok pengukuran kelas 3 semester gasal di MI Asas Islam Kalibening Salatiga.