Implementasi penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik tema pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang

Main Author: Tupakhah, Aan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4598/1/113911042.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4598/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang implementasi penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang, meliputi pemanfaatan media variatif dan implementasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana guru memanfaatkan media variatif pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang? (2) Faktor apa yang menjadi hambatan dalam pemanfaatan media variatif pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang dan bagaimana cara guru untuk mengatasi permasalahan tersebut? (3) Bagaimana implementasi penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik tema Pahlawanku kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang sudah variatif. Dengan penggunaan media variatif pada pembelajaran tematik banyak keuntungan yang diperoleh yaitu a. peserta didik tidak cepat merasa jenuh dan cepat lupa terhadap materi pelajaran, b. Meningkatkan pemahaman peserta didik, c. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik, d. Pencapaian kompetensi peserta didik baik. (2) Hambatan dalam pemanfaatan media variatif pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang ada dua yaitu hambatan dari peserta didik dan guru. (3) Implementasi penggunaan media varatif pada pembelajaran tematik kelas IV di SD Islam Al Azhar 29 BSB Semarang menggunakan pendekatan saintifik yang meliputi 5 tahapan dalam belajar, yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Temuan tersebut memberikan acuan bagi lembaga pendidikan untuk lebih dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas seorang guru dengan memperluas keilmuan tentang penggunaan media variatif sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien, serta dapat tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.