Implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas I tema keluargaku di SD Islam Al-Azhar 25 semarang

Main Author: Anisah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4594/1/113911006.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4594/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran tematik merupakan model pembelajaran yang telah diterapkan di sekolah dasar sejak kurikulum dahulu sebelum 2013. Hanya perbedaannya yang bertolak pada pendekatan scientific dan penilaiannya yang otentik. Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas I tema keluargaku serta faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dari pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 siswa kelas I tema keluargaku di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif analisis, yaitu data yang telah diperoleh dalam bentuk tulisan maupun lisan di lapangan yang dilaksanakan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang melalui observasi, wawancara, dokumentasi diolah kemudian dianalisis yang disajikan dalam bentuk naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 pada siswa kelas I tema keluargaku yang dilaksanakan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang telah berlangsung dengan baik serta dalam proses pembelajarannya mencakup tahapan pendekatan scientific sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditekankan pada kurikulum 2013. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran tematik kurikulum 2013 ini perlu adanya faktor pendukung sebagai konstruksi pelaksanaannya agar lebih baik lagi dan terus meningkat. Sarana prasarana dan media yang berbasis multimedia serta IT telah diterapkan di SD Islam Al-Azhar 25 Semarang, sehingga ini menjadi penyokong yang baik dalam implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013. Selain itu kendala yang menjadi faktor penghambat dari pelaksanaan pembelajaran tematik kurikulum 2013 adalah distribusi sumber belajar yang agak terlambat dari pemerintah. Sehingga, sekolah tidak sempat mengkaji materi lebih mendalam mengenai pembelajaran tematik kurikulum 2013.