Pengaruh keaktifan siswa dalam model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA MA Al-Anwar Sarang Rembang tahun ajaran 2014/2015

Main Author: Nisa’, Ni’matun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4550/1/083811018.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4550/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi proses pembelajaran biologi di MA Al-Anwar Sarang Rembang masih menitik beratkan kepada pembelajaran langsung yang pada umumnya didominasi oleh guru, siswa masih secara pasif menerima apa yang diberikan guru, umumnya hanya satu arah. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah menghadirkan pembelajaran aktif pada setiap proses pembelajaran yang dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran problem posing secara kelompok. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh antara keaktifan siswa dalam model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA MA Al-Anwar Sarang Rembang tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk kuantitatif dalam. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh antara keaktifan siswa dalam model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan reproduksi di kelas XI IPA MA Al-Anwar Sarang Rembang tahun ajaran 2014/2015, diketahui Harga Freg = 27.186 > Ft0,05 = 4.20 dan Freg = 27.186 > Ft0,01 = 7.64 maka signifikan. Sumbangan keaktifan siswa dalam model pembelajaran problem posing secara berkelompok terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA MA Al-Anwar Sarang Rembang tahun ajaran 2014/2015 sebesar 51.1%, sedangkan selebihnya 48.9% dipengaruhi faktor lain