Hubungan qona’ah dengan shopaholic pada mahasiswi Jurusan Ekonomi Islam angkatan 2012 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang

Main Author: Qodaria, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4529/1/104411037.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4529/
Daftar Isi:
  • Gaya hidup Qona’ah cenderung sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Sedangkan Shopaholic cenderung mempunyai sifat suka berbelanja, dari kedua sifat tersebut peneliti bertujuan mengetahui hubungan Qona’ah dengan tingkat Shopaholic mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2012 UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini berjudul “Hubungan Qona’ah dan Shopaholic Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Islam Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang”. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan teknik tersebut diambil sampel sebanyak 36 mahasiswi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala. Analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS (Statistical Program For Social Service) versi 16.00 for windows. Hasil uji hipotesis diperoleh rxy = 0.767 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Qona’ah dengan Shopaholic pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2012UIN Walisongo Semarang. Meski demikian hasil data tersebut tidak sesuai dengan hipotesis awal yang diajukan. Terdapat faktor lain yang mempengaruhi mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2012 UIN Walisongo Semarang tetap melakukan aktivitas berbelanja. Kata kunci : Qona’ah , Shopaholic