Analisis strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di JKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan
Main Author: | Kurniasih, Laela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4502/1/122503013.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4502/ |
Daftar Isi:
- KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan penghimpunan dana dan penyaluran dana melalui mekanisme pembiayaan. Salah satu produk penyaluran dana yaitu pembiayaan murabahah. Dalam menjalankan penyaluran dana memerlukan sebuah promosi, sebagai upaya dalam meningkatkan volume penjualan. Memperhatikan hal-hal tersebut diatas, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS STRATEGI PROMOTION MIX PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KJKS BMT AL-HIKMAH CABANG BANDUNGAN”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promotion mix yang diterapkan oleh KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan. Maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan dan analisis strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa strategi promotion mix pada pembiayaan murabahah di KJKS BMT Al-Hikmah Cabang Bandungan terdiri dari periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan publisitas. Kegiatan periklanan dilakukan dengan memberikan brosur, kalender dan website dengan persentase 5 % dari keseluruhan strategi promotion mix. Penjualan pribadi dilakukan oleh salesmen atau bagian pemasaran dengan persentase 70 % dari keseluruhan strategi promotion mix. Promosi penjualan dengan memberikan hadiah kepada nasabah dengan tabungan tertentu, dan jaminan pembelian atas pembiayaan murabahah dengan persentase 15 % dari keseluruhan strategi promotion mix. Publisitas dilakukan untuk meningkatkan citra bank di depan para calon atau nasabahnya melalui kegiatan sponsorship terhadap suatu amal atau bhakti sosial dan olahraga dengan persentase 10 % dari keseluruhan strategi promotion mix. Strategi promotion mix yang digunakan lebih banyak menggunakan penjualan pribadi karena pertimbangan biaya yang kecil. Di samping itu, strategi penjualan pribadi tingkat keberhasilannya dianggap lebih baik.