Analisis motif anggota memilih produk SISUKA (Simpanan Sukarela Berjangka) pada BMT Amanah Mulia Magelang
Main Author: | Hanesia, Elsa Erwinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4501/1/122503008.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4501/ |
Daftar Isi:
- Sebagai Baitul Mal Wa Tamwil, BMT Amanah Mulia Magelang, berusaha untuk selalu menerapkan produk-produknya sesuai dengan prinsip syari’ah. Salah satu produk penghimpunan yang ada di BMT adalah produk SISUKA (Simpanan Sukarela Berjangka). Jumlah anggota yang menggunakan produk SISUKA sebenarnya tidak begitu banyak akan tetapi rata-rata anggota yang menggunakan produk SISUKA menyimpan uangnya dalam nominal yang cukup besar. Hal inilah yang menarik bagi penulis untuk menjadikan produk SISUKA sebagai tema penelitian.Pokok permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Apa motif anggota memilih produk SISUKA (Simpanan Sukarela Berjangka) pada BMT Amanah Mulia Magelang? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi penelitian di BMT Amanah Mulia Magelang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data-data diperoleh dengan menggunakan metode interview (wawancara)secara langsung kepada anggota yang menggunakan produk SISUKA dan kepada manager BMT Amanah Mulia Magelang serta metode dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yakni data-data yang diperoleh kemudian dituangkan dalam bentuk kata-kata maupun gambar atau tabel kemudian dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan yang realistis. Setelah dianalisis dengan menggunakan teori yang terkait dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum, motif anggota dalam memilih produk SISUKA pada BMT Amanah Mulia Magelang adalah sebagai berikut:Pertama,motif autonomy atau kebutuhan untuk otonomi. Maksudnya anggota memilih produk SISUKA setelah pihak BMT Amanah Mulia Magelang menjelaskan mengenai produk tersebut, keunggulannya dan manfaatnya. Kedua,motif concistency atau kebutuhan untuk konsistensi. Maksudnya anggota memilih produk SISUKA karena menilai pihak BMT konsisten, misalnya dalam bagi hasil yang diberikan serta pelayanan yang diberikan sehingga membuat anggota semakin yakin dan merasa puas dengan produk tersebut.Ketiga,motif affiliation atau kebutuhan untuk berafiliasi. Motif ini bertujuan untuk saling menguntungkan antara pihak BMT Amanah Mulia Magelang dengan anggota yang menggunakan produk SISUKA. Karena itu ketika sudah jatuh tempo, anggota tetap memperpanjang dan menggunakan lagi produk SISUKA pada BMT Amanah Mulia Magelang sebelum membutuhkan uang yang ia simpan tersebut.