Analisis pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderating ;studi empiris pada perusahaan yang tercatat dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia

Main Author: Attamimi, Nautika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4490/1/102411172.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4490/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini meneliti pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam memoderasi hubungan antara ROA sebagai proksi dari profitabilitas terhadap Tobin's Q sebagai proksi dari nilai perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan bukti empiris tentang (a) pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (b) pengaruh pengungkapan CSR dalam memoderasi hubungan antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan.Sampel dalam penelitian ini adalah emiten Jakarta Islamic Index (JII) yang terdaftar dalam Indonesia Stock Exchange (IDX) dalam rentang tahun 2012-2014. Sampel penelitian adalah sebanyak 21 perusahaan dengan 63 observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk hipotesis 1 dan analisis regresi linear sederhana dengan uji residual untuk hipotesis 2. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa profitabilitas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan (t hitung = 12,425 ; Sig. = 0,000). Sedangkan analisis variabel moderating dengan uji residual menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan (t hitung = 5,936 ; Sig. = 0,000).