Pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan nasabah di BRI Syariah KCP Demak

Main Author: Mustagfirin, Ali
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4441/1/122503117.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4441/
Daftar Isi:
  • Saat ini, persaingan antar perbankan syariah sangat kompetitif, baik di pasar nasional maupun di pasar global. Tingkat persaingan bank syariah juga bukan hanya bank syariah saja, melainkan juga bank konvensional. Oleh karena itu, salah satu strategi yang sangat penting dan harus dimiliki oleh bank syariah adalah unggul dalam pelayanan agar bank syariah dapat bertahan dengan bank-bank lain yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan nasaabah di BRI Syariah KCP Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan obyek penelitiannya adalah BRI Syariah KCP Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 99 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana yang terdiri dari uji t, uji F, dan uji R2 dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel kualitas pelayanan frontliner sebesar 0,000 dan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan nilai F hitung sebesar 663,094, diperoleh nilai F tabel sebesar 2,8, artinya nilai F tabel lebih kecil dari F hitung (2,8 < 663,094), maka Ho ditolak, dan Ha diterima. adapun pengaruh kualitas pelayanan frontliner terhadap kepuasan nasabah tinggi, terlihat dari nilai R square sebesar 0,872 (87,2%). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan frontliner berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan besarnya pengaruh sebesar 87,2%. Kata kunci : Kualitas Pelayanan Frontliner, Kepuasan Nasabah