Analisis strategi pemasaran syariah di BPRS Mitra Harmoni Semarang

Main Author: Susanto, Tedi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4437/1/122503108.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4437/
Daftar Isi:
  • Sebagai lembaga keuangan, BPRS Mitra Harmoni Kota semarang berperan dalam memperbaiki perkembangan perekonomian di mayarakat, yang ditunjukan dalam kegiatan utamanya yaitu menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat dengan produk produk unggulan sehingga bisa membuat para calon nasabah tertarik menjadi nasabah di BPRS Mitra Harmoni Kota Semarang ini dan membuat nasabah yang sudah ada menjadi loyal. Menyampaikan produk-produk tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan dibutuhkan strategi khusus yang dibangun oleh BPRS Mitra Harmoni Semarang, pada umumnya orang mengasumsikan mengenai pemasaran atau memasarkan barang yaitu menjual barang agar laku tetrjual. Hal tersebut hanyalah sebagian kecil dari kegiatan pemasaran. Pemasaran memiliki cakupan kegiatan yang luas. Pemasaran meliputi perumusan jenis produk, bagaimana cara menyalurkan produk kepada konsumen, seberapa tinggi harga yang seharusnya diterapkan terhadap produk tersebut yang cocok dengan kondisi konsumenya, bagaimana cara promosi mengkomunikasikan produk tersebut kepada konsumen, dan bagaimana cara mengatasi kondisi persaingan yang dihadapi oleh perusahaan/ bank. Rumusan masalah ini adalah: strategi yang digunakan di BPRS Mitra Harmoni Semarang? Penerapan pemasaran syariah di BPRS Mitra Syariah? Bidang yang paling berperan penting di BPRS Mitra Harmoni Semarang? Produk Unggulan di BPRS Mitra Harmoni Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran, bidang yang paling berperan penting, pemasaran syariah yang diterapkan dan produk unggulan yang ada di BPRS Mitra Harmoni Semarang sehingga bisa bersaing dengan bank-bank lainya. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi dengan pihak BPRS Mitra Harmoni Semarang serta mengumpulkan data-data aktual dengan melaksanakan tudi kepustakaan dan beberapa literatur tertulis. Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi pemasaran syariah BPRS Mitra Harmoni Semarang memungkinkan bisa mendapatkan keunggulan kompetitif, meningkatkan keuntungan, menambah jumlah nasabah dan membuat nasabah yang sudah ada menjadi loyal