Strategi pemasaran yang efektif terhadap jumlah nasabah produk simpanan El Amanah di KJKS BMT El Amanah Kendal
Main Author: | Aeni, Nova Lutfiyatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4423/1/122503082.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4423/ |
Daftar Isi:
- KJKS BMT EL Amanah adalah Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah yang didirikan oleh Bank Muamalat, Pinbuk dan masyarakat sebagai wujud kepedulian dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Kendal. Berdasarkan Sertifikat Operasional dari Bank Muamalat tertanggal 6 Januari 2009 dan Surat Keputusan Bupati Kendal Nomor : 518. BH/XIV.13/02/2009/DKUMKM tentang Akta Pendirian Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah. KJKS BMT EL Amanah mulai beroperasi dan bersama masyarakat berupaya membangun perekonomian masyarakat Kecil dan Menengah di Kabupaten Kendal agar menjadi lebih baik. Dalam menyusun dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam tugas akhir ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan. Sedangkan dalam metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Dalam menganalisa data-data yang sudah terkumpul penulis menggunakan teknik analisis deskriptif. Rumusan masalah dari tugas akhir ini adalah Implementasi produk simpanan EL Amanah di KJKS BMT EL Amanah dan Strategi pemasaran produk simpanan EL Amanah di KJKS BMT EL Amanah Kendal. Implementasi atau penerapan produk simpanan EL Amanah di KJKS BMT EL Amanah. Simpanan EL Amanah adalah simpanan dalam mata uang rupiah yang penyetoran dan penarikannya dapat dilakukan setiap saat selama jam buka kerja dan dikelola berdasarkan prinsip syariah dengan akad wadiah yad adh-dhamanah. Sedangkan prosedur pembukaan rekening simpanan EL Amanah yaitu: 1. Mitra datang langsung ke kantor BMT atau pihak BMT yang mendatangi tempat calon mitra. 2. Mengisi formulir 3. Menyerahkan foto copi KTP/SIM ataupun kartu identitas lainnya sebanyak satu lembar. 4. Menandatangani formulir yang telah di isi. 5. Membayar setoran awal minimal 10.000.- Aktivitas pemasaran diperlukan baik oleh perusahaan yang baru diluncurkan maupun perusahaan yang telah berjalan.Pemasaran merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu perusahaan karena itu pemasaran selalu memperoleh posisi penting dan dipandang sebagai jantung suatu perusahaan. Tanpa pemasaran, suatu perusahaan akan seperti kehilangan dorongan untuk bertahan dan bersaing yang selanjutnya membawa perusahaan menuju titik kemunduran, bahkan kekalahan dalam persaingan Promosi yang dilakukanoleh KJKS BMT EL Amanah pada produk simpanan EL Amanah adalah: 1. Menyebar brosure 2. Menawarkan kepada saudara-saudara terdekat dan masyarakat yang tempat tinggalnya dekat dengan kantor BMT EL Amanah. 3. Mendatangi warung yang ramai pembelinya kurang lebih 10 menit bertujuan supaya orang yang diajak bicara bisa tertarik dengan apa yang BMT tawarkan. 4. Mendatangi instansi-instansi 5. Mendatangi pasar 6. Mendatangi perkumpulanyang ada di desa-desa Strategi pemasaran di KJKS BMT EL Amanah sudah efektif karena bisa dibuktikan bahwa jumlah nasabah produk simpanan EL Amanah setiap tahunnya jumlahnya bertambah. KJKS BMT EL Amanah mempunyai cara tersendiri untuk mempertahankan jumlah nasabahnya yaitu dengan cara: a. Memberikan pelayanan yang memuaskan untuk nasabah. b. Melakukan pengontrolan kepada nasabah yang loyal. c. Silaturahim kepada nasabah. d. Memberikan pinjaman yang murah sesuai permintaan nasabah. e. Memberikan pelayanan yang ramah (senyum, salam, sapa).