Strategi pemasaran pada produk Tasaqur di KJKS BINAMA Tlogosari Semarang

Main Author: Sari, Mega Ratna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4420/1/122503072.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4420/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya produk penghimpunan dana di KJKS Binama Tlogosari Semarang yang kurang diminati oleh anggota yaitu TASAQUR (Tabungan Qurban) yang menggunakan akad mudharabah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mekanisme produk TASAQUR (Tabungan Qurban), strategi yang digunakan pada produk TASAQUR (Tabungan Qurban), faktor yang menyebabkan TASAQUR kurang diminati dan solusi untuk meningkatkan minat anggota TASAQUR Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan data observasi, wawancara untuk menulusuri history yang terdapat di KJKS Binama Tlogosari Semarang Hasil penelitian ini adalah mekanisme yang digunakan di KJKS Tlogosari Semarang sama dengan yang ada di BMT-BMT lainya, strategi pemasaran produk Tasaqur pada KJKS Binama Tlogosari yang digunakan dalam strategi pemasaran produk TASAQUR (Tabungan Qurban) yaitu melalui brosur, spanduk, marketing,referensi tetapi yang paling berhasil biasanya adalah melalui marketing dan juga referensi tetapi spanduk dan brosus juga tidak kalah penting karena untuk mengenalkan Binama kepada masyarakat, kendala atau faktor penyebab TASAQUR (Tabungan Qurban) kurang diminati yaitu kesadaran masyarakat untuk beribadah qurban yang masih rendah, masyarakat belum terbiasa merencanakan dananya untuk ibadah qurban, solusi meningkatkan minat anggota terhadap produk TASAQUR (Tabungan Qurban) yaitu memberikan edukasi kepada calon anggota/masyarakat untuk merencanakan dananya dalam beribadah qurban, menginovasi produk Tasaqur dengan setoran tetap agar calon anggota atau masyarakat dimudahkan dalam memplaningkan rencana ibadah qurban.