Strategi pemasaran produk simpanan Hasanah arisan di BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang
Main Author: | Zuhria, Lia Fuada |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4418/1/122503065.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4418/ |
Daftar Isi:
- BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan pengimpunan dana melalui mekanisme simpanan. Salah satu produk pengimpunan dana ini yaitu simpanan hasanah arisan (Simas Arisan). Dalam menjalankan kegiatan pengimpunan dana memerlukan promosi. Memperhatikan hal tersebut diatas, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN HASANAH ARISAN (Studi Kasus pada BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang). Penelitian ini bertuuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa saja yang diterapkan di BMT Mitra hasanah Genuk Semarang. Dengan rumusan masalah bagaimana penerapan strategi pemasaran di BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang untuk menggali data-data yang relevan atau sumber data primer dan sekunder. Penuls melakukan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT Mitra Hasanah Genuk Semarang yaitu dengan periklanan, media periklanan yg dilakukan oleh BMT yaitu dilakukan dalam bentuk brosur, internet, mmt, dan souvenir. Selain periklanan adapula penualan pribadi dalam praktiknya marketing BMT Mitra Hasanah melayani serta mempengaruhi, menawarkan, dan mensosialisasikan produknya kepada mitra nya secara langsung. Adapula publisitas yang dilakukan BMT melalui kegiatan tausiyah di area yayasan sekolah yang menadi kegiatan waib satu bulan sekali pada minggu terakhir bulan tersebut dibarengi dengan kegiatan pemberian doorprize di akhir kegiatan.