Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada BMT Al-Hikmah Cabang Karangjati
Main Author: | Cahyani, Indah Gita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4412/1/122503056.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4412/ |
Daftar Isi:
- Terdapat berbagai banyak lembaga keuangan syariah baik makro maupun mikro akan tetapi kualitas pelayanan yang berskala kualitas hal yang terpenting bagi semua lembaga keuangan syariah yang tujuannya untuk memberikan kenyamanan bagi nasabah agar dapat bertahan dan membeli ulang produk yang disediakan. Kualitas layanan dan pencapaian nilai pelanggan merupakan variable yang penting guna meningkatkan kepuasan nasabah. Hal tersebut timbul permasalahan yang membuat penulis tertarik untuk mengidentifikasi bagaimana teknik BMT Al-Hikmah Cab. Karangjati dalam meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh positif dari kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu dengan menyebarkan kuisioner kepada 60 orang responden sebagai sample untuk mendapatkan tanggapan tentang dimensi Kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah. Selain menggunakan kuisioner penulis juga menggunakan metode wawancara, pengamatan dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik normalitas, serta uji hipotesis yaitu uji t). Dari uji validitas dan reabilitas, diperoleh tiap-tiap instrument dari semua variable nilai r tabel diatas 0,2144 dikatakan valid. Sedangkan cronbach’s alpha > dari 0,630. Hal ini dapat dinyatakan realibel karena nilai cronbach’s lebih kecil dari 0,6. Hasil perhitungan secara partial diperoleh untuk t hitung (2.501) > t tabel (0,2144) yang berarti Kualitas layanan mempengaruhi 23 % dari kepuasan nasabah sedangkan sisanya di pengaruhi oleh faktor lain. Berarti hipotesis menyatakan ada pengaruh signifikan antara Kualitas layanan dengan kepuasan nasabah di KJKS BMT Al-Hikmah Cab. Karangjati.