Strategi promosi sebagai upaya peningkatan jumlah anggota pada BMT Bina Insani Pringapus

Main Author: Hendarti, Nurul Isnaeni Oktarina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4409/1/122503054.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4409/
Daftar Isi:
  • Promosi dimaksukan untuk mengkomunikasikan kegunaan dan keistimewaan produk kepada pelanggan, sehingga mampu mengubah sikap yang berujung pada pembelian produk. BMT Bina Insani Pringapus dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Peningkaan anggota lending, selama tahun 2014 mengalami kenaikan. Penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Strategi Promosi Sebagai Upaya Peningkatan Jumlah Anggota Pada BMT Bina Insani Pringapus”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi promosi di BMT Bina Insani Pringapus dan bagaimana penerapan bauran promosi di BMT Bina Insani Pringapus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di BMT Bina Insani Pringapus. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, yang diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskripif. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menjadi kesimpulan penelitian, yaitu : pertama, srategi promosi yang dilakukan yaitu membuat brosur, door to door, memberikan fasilitas berupa kalender atau gelas, melakukan random ke rumah-rumah, melakukan jemput bola, melakukan Q-person dan memberikan ucapan terimakasih. Kedua. Penerapan bauran promosi yang dilakukan adalah dengan menggunakan konsep bauran promosi dalam konsep periklanan yang didalamnya melalui sponsor, brosur, spanduk, MMT. Konsep promosi penjualan yang didalamnya memberikan hadiah (kalender/ gelas), piknik atau zaroh kepada anggota. Konsep penjualan personal dengan cara jemput bola dan konsep yang terakhir hubungan masyarakat. Kata kunci : Strategi, Strategi Promosi, Bauran Promosi