Analisis implementasi strategi pemasaran di KJKS BMT Walisongo Semarang dalam perspektif Islam
Main Author: | Anjaswari S.M., Debby Syarifah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4398/1/122503044.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4398/ |
Daftar Isi:
- BMT merupakan lembaga keuangan alternatif bagi masyarakat ekonomi menengah yang tidak dapat dijangkau oleh Bank. Eksistensi BMT yang berdasarkan yang sistem syariah ini di harapkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas ekonominya. Untuk menjaga eksistensinya BMT harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Strategi pemasaran merupakan ujung tombak dari suatu rencana pemasaran dan sangat diperlukan dalam suatu perusahaan yang bertujuan agar rencana yang telah dibuat dapat terlaksana dan dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan Strategi pemasaran ini juga harus diselaraskan dengan perspektif Islam.Perspektif pemasaran dalam Islam adalah ekonomi rabbani , realistis, humanis dan keseimbangan. Konsep pemasaran dalam ekonomi syariah ini tertuang dalam kerangka kerja SME (Sustainable Marketing Enterprise). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran lembaga keuangan BMT dan bagaimana strategi pemasaran tersebut dalam perspektif islam. Metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep strategi pemasaran yang diterapkan pada BMT Walisongo antara lain menetapkan visi dan misi organisasi, penentuan visi dan misi tidak terlepas dari makna syariah itu sendiri, dan tujuan akhir yang ingin dicapai. Tujuan akhir ini harus bersifat mulia, lebih dari sekedar keuntungan finansial semata, memahami lingkungan internal dan eksternal, melakukan maintenance yang baik terhadap para nasabah dan melakukan penetrasi pasar untuk memperluas segmentasi pasar. Dalam perspektif dari konsep tersebut di yang dianalisis dengan menggunakan teori kerangka kerja SME (Sustainable Marketing Enterprise). Kata Kunci : Strategi Pemasaran Islam