Praktek pemasaran produk deposito syariah di BPRS Suriyah Cabang Semarang

Main Author: Adhiantoro, Ega Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4386/1/122503015.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4386/
ctrlnum 4386
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4386/</relation><title>Praktek pemasaran produk deposito syariah di BPRS Suriyah Cabang Semarang</title><creator>Adhiantoro, Ega Putri</creator><subject>297.273 Islam and economics</subject><subject>658 General management</subject><description>BPRS Suriyah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang berada di Jalan Indraprasta No. 39 Semarang. Dalam penghimpun dana BPRS Suriyah Semarang memiliki berbagai macam produk dengan akad yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dari semua macam produk penghimpun dana yang ada produk deposito syariah mudharabah lah yang besar pengaruhnya terhadap penyaluran dana berupa pembiayaan.&#xD; Dari pengangkatan judul Strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah deposito syariah mudharabah di BPRS Suriyah cabang semarang dapat dirumuskan permasalahan : mengapa nisbah bagi hasil dan indikasi rate deposito di BPRS Suriyah dibedakan antara deposito perorangan, deposito perusahaan dan deposito ABP, mengapa nasabah kebanyakan lebih memilih mendepositokan dananya di jangka waktu 12 bulan dan bagaimana Strategi marketing menarik nasabah untuk mendepositokan uangnya pada jangka waktu 12 bulan di BPRS Suriyah tersebut. Penulis menggunakan 4 metode dalam pengumpulan data baik primer maupun sekunder dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi dan kuesioner.&#xD; Aplikasi mudharabah dalam produk Deposito Syariah (Desya) mudharabah yang ada di BPRS Suriyah menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Dalam pengelolaan dana Deposito Syariah mudharabah tersebut BPRS Suriyah memberikan beberapa keuntungan seperti : proporsi nisbah bagi hasil yang lebih besar, indikasi rate yang diberikan pun tinggi, tidak ada pinalty hanya saja nasabah tidak mendapat bagi hasil dan keuntungan lain yaitu pilihan bulan yang flexibel. Praktek pemasaran yang digunakan oleh marketing BPRS Suriyah yaitu dengan cara mengenal terlebih dahulu bagaimana karakter nasabah dan latar belakangnya lalu melakukan pendekatan sederhana yang mengarah pada deposito di BPRS Suriyah. Cara lainnya yaitu dengan menawarkan produk Deposito tersebut ke Ibu rumah tangga, pedagang dan lain lain yang nantinya pasti akan ada promosi dari satu orang ke orang lain yang dilakukan oleh nasabah lalu juga marketing menyebarkan brosur kebeberapa wilayah disemarang. Dari data yang sudah dilampirkan, terdapat peningkatan jumlah nasabah deposito disetiap bulannya maupun setiap tahun, yang banyak mendepositokan dananya di jangka waktu 12 bulan karena bagi para shahibul maal bagi hasil pada jangka waktu 12 bulan cukup tinggi dibandingkan jangka waktu 1,3 dan 6 bulan&#xD; &#xD; Kata kunci : BPRS, deposito syariah, mudharabah, praktek marketing</description><date>2015-05-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4386/1/122503015.pdf</identifier><identifier> Adhiantoro, Ega Putri (2015) Praktek pemasaran produk deposito syariah di BPRS Suriyah Cabang Semarang. Diploma thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>4386</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Adhiantoro, Ega Putri
title Praktek pemasaran produk deposito syariah di BPRS Suriyah Cabang Semarang
publishDate 2015
topic 297.273 Islam and economics
658 General management
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4386/1/122503015.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4386/
contents BPRS Suriyah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang berada di Jalan Indraprasta No. 39 Semarang. Dalam penghimpun dana BPRS Suriyah Semarang memiliki berbagai macam produk dengan akad yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dari semua macam produk penghimpun dana yang ada produk deposito syariah mudharabah lah yang besar pengaruhnya terhadap penyaluran dana berupa pembiayaan. Dari pengangkatan judul Strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah deposito syariah mudharabah di BPRS Suriyah cabang semarang dapat dirumuskan permasalahan : mengapa nisbah bagi hasil dan indikasi rate deposito di BPRS Suriyah dibedakan antara deposito perorangan, deposito perusahaan dan deposito ABP, mengapa nasabah kebanyakan lebih memilih mendepositokan dananya di jangka waktu 12 bulan dan bagaimana Strategi marketing menarik nasabah untuk mendepositokan uangnya pada jangka waktu 12 bulan di BPRS Suriyah tersebut. Penulis menggunakan 4 metode dalam pengumpulan data baik primer maupun sekunder dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi dan kuesioner. Aplikasi mudharabah dalam produk Deposito Syariah (Desya) mudharabah yang ada di BPRS Suriyah menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Dalam pengelolaan dana Deposito Syariah mudharabah tersebut BPRS Suriyah memberikan beberapa keuntungan seperti : proporsi nisbah bagi hasil yang lebih besar, indikasi rate yang diberikan pun tinggi, tidak ada pinalty hanya saja nasabah tidak mendapat bagi hasil dan keuntungan lain yaitu pilihan bulan yang flexibel. Praktek pemasaran yang digunakan oleh marketing BPRS Suriyah yaitu dengan cara mengenal terlebih dahulu bagaimana karakter nasabah dan latar belakangnya lalu melakukan pendekatan sederhana yang mengarah pada deposito di BPRS Suriyah. Cara lainnya yaitu dengan menawarkan produk Deposito tersebut ke Ibu rumah tangga, pedagang dan lain lain yang nantinya pasti akan ada promosi dari satu orang ke orang lain yang dilakukan oleh nasabah lalu juga marketing menyebarkan brosur kebeberapa wilayah disemarang. Dari data yang sudah dilampirkan, terdapat peningkatan jumlah nasabah deposito disetiap bulannya maupun setiap tahun, yang banyak mendepositokan dananya di jangka waktu 12 bulan karena bagi para shahibul maal bagi hasil pada jangka waktu 12 bulan cukup tinggi dibandingkan jangka waktu 1,3 dan 6 bulan Kata kunci : BPRS, deposito syariah, mudharabah, praktek marketing
id IOS2754.4386
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:21Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:49Z
recordtype dc
_version_ 1765821493461123072
score 17.538404