Pengaruh return on asset terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2011-2014
Main Author: | Komariyah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4366/1/112411139.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4366/ |
Daftar Isi:
- Kemajuan usaha di Indonesia berkembang semakin pesat dengan ditandai beragamnya jumlah perusahaan baru yang bermunculan. Perusahaan-perusahaan tersebut didirikan untuk suatu tujuan yaitu untuk meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat dilihat dari laporan keuangan tahunan perusahaan, dengan memanfaatkan informasi laporan keuangan diharapkan investor dapat memprediksi kinerja dan nilai perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh Return On Asset terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai variabel moderasi pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2011-2014. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk meneliti bukti empiris mengenai pengaruh Return On Asset terhadap nilai perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index dan apakah pengungkapan Corporate Social Responsibility mampu memoderasi hubungan antara Return On Asset dan Corporate Social Responsibility. Dalam penelitian ini menggunakan perusahaan yang konsisten listing di Jakarta Islamic Index periode 2011-2014 sebagai sampel penelitian, yang menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan yang diperoleh dari mengakses situs BEI yaitu www.idx.co.id. Populasi untuk penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung di Jakarta Islamic index periode 2011-2014. Pemilihan sampel penelitian didasarkan pada metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, data diuji dengan menggunakan regresi dengan analisis regresi moderasi. Data diolah menggunakan software computer yaitu SPSS Versi 16,0. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Asset berpengaruh secara signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 dimana angka ini dibawah level of significance yang digunakan yaitu 5% (0.05). Pengungkapan Corporate Social Responsibility sendiri tidak mampu memoderasi hubungan antara Return On Asset terhadap Corporate Social Responsibility hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,831 dimana angka ini di atas level of significance yang digunakan yaitu 5% (0.05).