Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen di toko alat tulis Hadi Sutrisno Putra 2 Limpung

Main Author: Setyani, Erina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4357/1/112411102.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4357/
Daftar Isi:
  • Keberhasilan sebuah toko tidak terlepas dari kemampuan pemilik toko dibidang pemasaran, terutama kebijaksanaan dan penetapan strategi agar konsumen memutuskan melakukan pembelian. Salah satunya yaitu marketing mix (variabel produk, harga, lokasi, dan promosi). Oleh karena itu dengan adanya fenomena inilah yang mendorong untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian konsumen Di Toko Alat Tulis Hadi Sutrisno Putra 2 Limpung”. Rumusan masalahnya adalah seberapa besar pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial dan variabel mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen di toko alat tulis Hadi Sutrisno Putra 2 secara parsial dan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Setelah penelitian ini dilakukan, diharapkan akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak, di antaranya adalah menambah pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan marketing mix dan keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh yaitu sampel dengan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jumlah responden sebanyak 40 orang. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji multikorelasi, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji parsial, uji simultan, dan analisis koefisien determinasi. Hasil data menunjukkan bahwa nilai t hitung variabel harga (27,735) > (2,021) sehingga Ho ditolak dan H2 diterima. Sedangkan t hitung variabel produk (-2,376) < t hitung (2,021) sehingga Ho diterima dan H1 ditolak, variabel lokasi (1,241) < t tabel (2,021) sehingga Ho diterima dan H3 ditolak. Dan promosi (-0,608) < t tabel (2,021) sehingga Ho diterima dan H4 ditolak. Artinya variabel harga secara parsial berpengaruh sedangkan variabel produk, lokasi dan promosi secara parsial tidak berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian.