Analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk tabungan Batara IB (studi pada PT. Bank BTN Syariah Cabang Semarang)

Main Author: Masruroh, Umi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4332/1/102411136.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4332/
Daftar Isi:
  • Bank BTN Syariah Cabang Semarang adalah salah satu lembaga keuangan yang menyediakan pelayanan terhadap nasabahnya dalam bentuk produk funding yang diperlukan nasabahnya untuk menyimpan dana dan produk lending (pembiayaan) yang di perlukan bagi nasabah yang kekurangan dana. Diantara beberapa produk simpanan (funding) yang diminati oleh nasabah di Bank BTN Syariah Cabang Semarang adalah produk tabungan batara ib. Sehingga perlu adanya strategi dalam pemasaran produk-produk yang di tawarkannya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk tabungan batara ib, bagaimana Analisis SWOT dalam strategi pemasaran produk tabungan batara ib. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank BTN Syariah Cabang Semarang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metodelogi kualitatif deskriptif. Metodelogi penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dari hasil penelitian ini, Bank BTN Syariah Semarang dalam strategi pemasaran menggunakan segmentasi, posisioning, targeting untuk menganalisis agar lebih terarah. Untuk pengembangan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) dan melakukan penjualan dengan Up selling. Berdasarkan IE Matrik, Bank BTN Syariah Semarang diperoleh beberapa formulasi alternatif strategi dalam pemasaran produk tabungan batara ib yaitu strategi SO : Mempertahankan kualitas produk, Mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar, Meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan respon yang cepat kepada nasabah, Menjalin hubungan yang lebih baik lagi dengan instansi/pemerintah. Strategi ST: Menerapkan pemasaran jemput bola, Mempertahankan ciri khas produk dan menambah program-program berhadiah, Mengembangkan variasi produk agar menarik. Strategi WO: Meningkatkan fasilitas-fasilitas yang berbasis teknologi sehingga dapat memudahkan akses bagi nasabah, Meningkatkan SDM pemasaran khususnya dalam produk pendanaan, Meningkatkan promosi yang lebih gencar disemua media untuk meningkatkan pangsa pasar. Strategi WT: Menetapkan strategi bisnis yang baru yang lebih efektif dan efisien, Memaksimumkan ragam pilihan produk dengan meningkatkan promosi melalui berbagai media.