Daftar Isi:
  • Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok operasi hitung bentuk aljabar kelas VII B semester gasal MTs Miftahul Huda Mijen Demak Tahun Pelajaran 2009/2010. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi pokok operasi hitung bentuk aljabar semester gasal kelas VII B MTs Miftahul Huda Mijen Demak Tahun Pelajaran 2009/2010 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII B MTs Miftahul Huda Mijen Demak tahun pelajaran 2009/2010. Analisis data diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran melalui pembelajaran cooperative learning tipe NHT (Numbered Head Together) dalam materi pokok operasi hitung bentuk aljabar. Penelitian dilakukan dengan II Siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII B MTs Miftahul Huda Mijen Demak tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe NHT (Numbered Head Together) dalam materi pokok operasi hitung bentuk aljabar, yang ditandai dengan rata-rata hasil belajar peserta didik minimal 6,0 dengan ketuntasan belajar klasikal 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada materi pokok operasi hitung bentuk aljabar. Pada siklus I rata-rata nilai 5,89 dan prosentase ketuntasan klasikal 52,6%. Pada siklus II rata-rata nilai mencapai 7,06 dan prosentase ketutasan klasikal 89,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT), hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan.