ctrlnum 4193
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/</relation><title>Studi komparasi hasil belajar materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash dengan alat peraga karya Mahasiswa tadris matematika IAIN Walisongo peserta didik kelas VIII MTs I&#x2019;anatuth Tholibin Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014</title><creator>Munir, Misbahul</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>510 Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan hasil belajar materi kubus dan balok antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok.&#xD; Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs I&#x2019;anatuth Tholibin Margoyoso Pati. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs I&#x2019;anatuth Tholibin Margoyoso Pati Semester Genap tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri kelas VIII-A dengan jumlah peserta didik 24 anak, kelas VIII-B dengan jumlah peserta didik 21 anak , kelas VIII-C dengan jumlah peserta didik 28 anak, dan kelas VIII-D dengan jumlah peserta didik 32 anak. Jadi jumlah total populasi 105 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen I (model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash) dari kelas VIII-D sebanyak 32 peserta didik dan kelompok eksperimen II (model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok) dari kelas VIII-C sebanyak 28 peserta didik. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 60 peserta didik diperoleh dengan cara cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data-data peserta didik termasuk nilai ulangan harian materi garis singgung lingkaran yang digunakan untuk uji normalitas awal dan uji homogenitas awal. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data post-test pada materi kubus dan balok. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dengan analisis uji-t yaitu independent sample t-test. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash adalah sebesar 60,25, sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok adalah sebesar 64,79. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan sebesar -1,258. Setelah dikonsultasikan dengan dengan dan taraf signifikan (&#x3B1;) 5% = 2.002, diketahui bahwa &lt; , maka dapat disimpulkan hasil belajar antara kelas eksperimen I (menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash) dengan kelas eksperimen II (menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok) tidak berbeda secara signifikan. Selain itu rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash lebih kecil dibanding rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok.</description><date>2014-12-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/1/103511017_coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/2/103511017_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/3/103511017_bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/4/103511017_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/5/103511017_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/6/103511017_bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/7/103511017_bibliografi.pdf</identifier><identifier> Munir, Misbahul (2014) Studi komparasi hasil belajar materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash dengan alat peraga karya Mahasiswa tadris matematika IAIN Walisongo peserta didik kelas VIII MTs I&#x2019;anatuth Tholibin Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>4193</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Munir, Misbahul
title Studi komparasi hasil belajar materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash dengan alat peraga karya Mahasiswa tadris matematika IAIN Walisongo peserta didik kelas VIII MTs I’anatuth Tholibin Margoyoso Pati tahun pelajaran 2013/2014
publishDate 2014
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
510 Mathematics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/1/103511017_coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/2/103511017_bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/3/103511017_bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/4/103511017_bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/5/103511017_bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/6/103511017_bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/7/103511017_bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4193/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan hasil belajar materi kubus dan balok antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs I’anatuth Tholibin Margoyoso Pati. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs I’anatuth Tholibin Margoyoso Pati Semester Genap tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri kelas VIII-A dengan jumlah peserta didik 24 anak, kelas VIII-B dengan jumlah peserta didik 21 anak , kelas VIII-C dengan jumlah peserta didik 28 anak, dan kelas VIII-D dengan jumlah peserta didik 32 anak. Jadi jumlah total populasi 105 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen I (model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash) dari kelas VIII-D sebanyak 32 peserta didik dan kelompok eksperimen II (model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok) dari kelas VIII-C sebanyak 28 peserta didik. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 60 peserta didik diperoleh dengan cara cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengambil data-data peserta didik termasuk nilai ulangan harian materi garis singgung lingkaran yang digunakan untuk uji normalitas awal dan uji homogenitas awal. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data post-test pada materi kubus dan balok. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dengan analisis uji-t yaitu independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar pada materi kubus dan balok dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash adalah sebesar 60,25, sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok adalah sebesar 64,79. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan sebesar -1,258. Setelah dikonsultasikan dengan dengan dan taraf signifikan (α) 5% = 2.002, diketahui bahwa < , maka dapat disimpulkan hasil belajar antara kelas eksperimen I (menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash) dengan kelas eksperimen II (menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok) tidak berbeda secara signifikan. Selain itu rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan Macromedia Flash lebih kecil dibanding rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan alat peraga Kubus dan Balok.
id IOS2754.4193
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:16Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:46Z
recordtype dc
_version_ 1765821492203880448
score 17.538404