Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan buku petunjuk praktikum kimia berbasis kontekstual materi elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peserta didik dalam pemahaman materi dengan menggunakan metode praktikum berbasis kontekstual sehingga peserta didik dapat menghubungkan materi dengan kehidupan nyata peserta didik. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini ialah model Thiagarajan 4-D yaitu define (pendefinisian) yang meliputi Tahap define mencakup empat langkah pokok, yaitu analisis ujung depan (front and analysis), analisis peserta didik (learner analysis), analisis fasilitas (facility analysis), analisis kurikulum (curriculum analysis). Tahap design (perancangan) Tahap perancangan bertujuan untuk merancang petunjuk praktikum yang dilakukan setelah data awal terkumpul, Tahap develop (pengembangan) tahap untuk menghasilkan produk pengembangan yang dilakukan melalui dua langkah, yakni: (1) penilaian ahli (expert appraisal) yang diikuti dengan revisi, (2) uji coba pengembangan (developmental testing), dan tahap disseminate (penyebaran) Produk yang telah direvisi, selanjutnya diseminasi (disebarluaskan) dengan cara diunggah ke situs web MAN 2 Semarang agar dapat digunakan oleh guru maupun peserta didik. (1) Pada aspek kognitif tingkat kelulusan klasikal peserta didik mencapai 93 % terhadap materi sehingga dapat dikatakan efektif. (2) Pada aspek afektif diperoleh hasil sebanyak 94,36 % nilai afektif peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dikatakan dengan tingkat pencapaian Sangat Tinggi. (3) Pada aspek psikomotorik hasil pencapaian diperoleh sebanyak 96,09 % dengan kriteria pencapaian Sangat Tinggi. (4) Pada uji kelayakan buku petunjuk praktikum melalui angket tanggapan peserta didik dengan tingkat pencapaiannya ialah 91,2 % berada pada kriteria efektif. Kata kunci: Petunjuk praktikum, kontekstual, larutan elektrolit dan nonelektrolit.